Apa Itu Ecommerce? Arti Dan Cara Sukses Bisnis Ecommerce

Namun, secara umum, kita lebih mengenal e-Commerce sebagai kegiatan belanja on-line, yang meliputi aktivitas membeli dan menjual produk fisik atau digital melalui Internet. Pelaku usaha haruslah memperlakukan konsumen atau melayani konsumen secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif, dalam hal menjual barang atau jasa pelaku usaha harus menjamin mutu berdasarkan ketentuan dasar mutu barang atau jasa. Konsumen memiliki hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang atau jasa tersebut. Hak Konsumen diatur dalam pasal 4 huruf a, c, g dan f serta pasal 5 huruf b dan c. Sedangkan kewajiban pelaku usaha diatur dalam pasal 7 huruf c dan d. Dengan belanja online ini, memudahkan banyak pihak dalam hal bertransaksi.

Saat ini banyak makanan yang bisa bertahan lama dan praktis, misalnya makanan kemasan, makanan beku atau makanan dalam kaleng yang sudah dikemas menjadi salah satu kebutuhan yang sangat dicari oleh masyarakat. Salah satu usaha yang justru peluang semakin besar ditengah pandemi yaitu penjual/pengecer yang menjual produk-produk olahan makananan seperti grocery store, swalayan dan lain sebagainya. Usaha-usaha yang bergerak di bidang kesehatan seperti penyedia/penjual masker, handsinitizer, multivitamin dan jamu herbal merupakan salah satu usaha yang permintaannya meningkat di tengah pandemi ini. Pertanian menjadi sektor penopang bagi masyarakat ditengah pandemi. Bahan pangan kebutuhan pokok hasil dari pertanian seperti beras, sayur-sayuran, umbi-umbian dan lain sebagainya merupakan salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat yang harus terpenuhi dalam kondisi apapun, termasuk kondisi pandemi covid 19. Hal ini membuat usaha perdagangan bahan pokok menjadi salah satu sektor yang bertahan bahkan semakin melonjak permintaannya ditengah pandemi.

Bisnis dengan menggunakan jasa elektronik

Terkait dengan norma literasi pra transaksi ini diatur dalam UU Perlindungan Konsumen. Sedangkan kewajiban pelaku usaha diatur dalam pasal 7 huruf a dan b. Jenis enterprise to customers terjadi perdagangan secara elektronik dari perusahaan produsen atau perusahaan distributor langsung menjual produknya kepada masyarakat umum sebagai client Bonus Cashback terbesar. Jenis bisnis e commerce ini sangat populer saat dikarenakan dapat menjual harga dibawah pasar dan mampu berkembang dengan sangat cepat. Oleh karena itu, pelaku bisnis B2B biasanya menggunakan EDI dan email dalam proses transaksi, pemberian informasi serta konsultasi yang berkaitan dengan barang atau jasa yang ditawarkan.

Untuk pengajuan izin usaha, sesuai Pasal 15 ayat PP e-commerce, dapat dilakukan melalui Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. LPSE adalah unit kerja yang dibentuk untuk melayani Unit Layanan Pengadaan atau Panitia/Pokja ULP Pengadaan yang akan melaksanakan pengadaan secara elektronik. LPSE dikembangkan dalam rangka menjawab tantangan persaingan sehat dan pelaksanaan pengadaan barang jasa yang berdasarkan prinsip ekonomis, efektif dan efisien. Salah satu bisnis e-commerce di Indonesia dengan mannequin market c2c saat ini ialah blanja.com. Blanja.com didirikan pada tanggal 17 September 2012 dari hasil three way partnership antara Telkom Indonesia dan eBay. Blanja.com ialah web site yang sanggup memberikan fasilitas transaksi uang secara on-line disamping aktivitas utamanya yakni untuk membantu mempromosikan berbagai produk.

Investasi berguna untuk meringankan dampak inflasi, meningkatkan jumlah kekayaanmu, dan persiapan masa depan. Kualitas asli ketika diterima belum tentu sama dengan barang yang ada di tampilan website. Tidak dapat melihat atau merasakan produk yang akan dibeli secara langsung. Kritik dan saran akan peningkatan kualitas layanan lebih mudah diberikan. Perkembangan e-commerce di Indonesia terus meningkat seiring dengan perkembangan permintaan pasar.

Anda tidak perlu ragu untuk mencoba berbisnis di dunia e-commerce saat ini. Tiga startup tersebut telah menjadi unicorn karena telah memiliki valuasi nilai sebesar 1 milliar greenback atau sekitar 14 trilliun rupiah. Hal tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa karena di Indonesia sendiri, masih kurang dari 10 startup yang berhasil menyentuh tingkat unicorn dan yang selanjutnya akan masuk pada tingkat decacorn. Pada tahun 2018, e-commerce di Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 78%.

Meskipun sarananya meliputi televisi dan telepon, kini ecommerce lebih sering terjadi melalui web. Menurut Undang-undang no 7 tahun 2014, tentang perdagangan melalui sistem elektronik (e-commerce) adalah perdagangan yang transaksinya dilakukan melalui serangkaian perangkat dan prosedur elektronik. Transportasi yang digunakan, Pengiriman barang melalui udara, sebaiknya ditanyakan terlebih dahulu ke perusahan jasa pengiriman barang tersebut tentang berapa ukuran dan berat barang yang diperbolehkan untuk diangkut. Sebab untuk beberapa tujuan tertentu ada batas maksimal pengiriman barang, misal dengan membatasi per-koli hanya 150kg saja. Untuk pengiriman barang melalui darat bisa menggunakan truk atau bis, carilah jasa pengiriman barang yang memiliki jadwal pengiriman setiap hari, memang cukup sulit untuk mengetahui apakah perusahaan jasa pengiriman tersebut memiliki jadwal pengiriman yang tetap ataukah tidak.

Menteri/kepala lembaga dapat menindaklanjuti pelaksanaan Peraturan Presiden ini untuk pengadaan yang dibiayai APBN dengan peraturan menteri/peraturan kepala lembaga. Pemilihan produk yang dicantumkan dalam katalog elektronik dilaksanakan oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah atau LKPP. Penetapan pemenang berdasarkan urutan harga terendah Hasil Evaluasi Akhir .