Bahaya! Bisnis Anda Akan Gagal Jika Anda Masih Memiliki Psychological Pedagang

Anda mungkin berpikir bahwa Anda memiliki ide bisnis paling menakjubkan di dunia, tetapi jika bisnis Anda tidak memenuhi kebutuhan atau keinginan basis pelanggan, bisnis itu tidak akan sukses. Sebelum menghabiskan waktu, energi, dan sumber daya yang diperlukan untuk membangun bisnis, Anda harus memastikan bisnis Anda berpusat pada sesuatu yang diinginkan atau dibutuhkan pelanggan. Seorang pengusaha sukses mampu mendudukan kegagalan secara objektif. Mereka sadar bahwa kegagalan merupakan hal yang wajar ketika seseorang sedang membangun sebuah usaha. Mereka sadar bahwa kegagalan bukanlah hal yang perlu di sesali. [newline]Justru jika mereka hanyut dalam masalah, mereka sedang membuat diri mereka sendiri gagal.

Mental dan karakter kelima yang wajib dimiliki oleh entrepreneur sukses adalah harus berani mengambil resiko. Jadi, sebagai pemilik dan pemimpin bisnis, anda sudah pasti akan dikelilingi berbagai tantangan dengan menentukan segala keputusan bisnis sekecil apapun yang bisa saja menentukan nasib dan masa depan bisnis Anda. Disini Anda akan dituntut untuk berfikir keras dan maju, karena keputusan yang Anda buat akan sangat berpengaruh untuk masa depan bisnis Anda.Bagaimana jika mengalami kerugian? Sebagai pebisnis anda harus siap menerima kenyataan dengan resiko terburuk dalam berbisnis dan balik lagi, anda harus memiliki psychological tahan banting alias tidak mudah menyerah. Bagi mereka yang tidak ingin resiko terburuk, disarankan tidak perlu repot untuk menjadi pebisnis. Sebab sebagai pelaku bisnis anda pasti akan menemui keterlambatan dalam memajukan usaha bisnis yang didirikan.

Kewirausahaan seharusnya sudah dibangun sejak dari cara berpikir. Nah, sebagai seorang karyawan perlu membangun pola pikir untuk menjadi seorang pengusaha. Tentu saja, jangan hanya menajdi pengusaha saja tetapi juga targetkan menjadi pengusaha yang sukses. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan pepatah populer yaitu “belajarlah hingga ke negeri Cina”. Nah, pepatah ini ternyata juga berlaku loh bagi entrepreneur sejati. Seorang entrepreneur harus memiliki ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas untuk memajukan bisnisnya.

Mentalitas pebisnis

Menyelesaikan penilaian psikometri perilaku akan menyoroti beberapa bidang keterampilan yang dapat Anda garap. Namun, tempat yang lebih baik untuk memulai adalah mengenali keterampilan orang-orang Anda yang kuat, dan memperluas latihan Anda lebih jauh lagi. Ada banyak hal di luar sana yang dapat kita pelajari dari waktu ke waktu. Bahkan, waktu selama hidup ini tidak akan cukup untuk dapat mempelajari segala pengetahuan yang ada.

Berbeda dengan pebisnis yang memiliki pola pikir berbeda, seorang pebisnis akan mempunyai visi dan misi untuk mengembangkan bisnisnya dalam jangka waktu dekat dan jangka panjang. Tidak hanya keluarga, tetapi juga perkembangan industri atau bisnis yang digelutinya. Mempelajari hal – hal baru bisa membantu Anda membangun bisnis Anda, karena dunia pastinya akan terus berubah dan mengikuti perkembangan zaman. Contoh, era revolusi digital saat ini mendorong manusia harus mulai migrasi dari bisnis offline ke bisnis online. Tentunya untuk mengembangkan bisnis online, Anda harus mau belajar tentang pengetahuan digital yang mendukung kegiatan bisnis Anda, seperti bagaimana cara menerapkan advertising digital di bisnis Anda. Jadi, jika Anda ingin menjadi entrepreneur sejati anda harus mencoba untuk buka pikiran Anda untuk selalu bersedia mempelajari hal – hal baru.

Berbagai cara sukses, tips sukses, dan cara berbisnis tersebar di internet maupun buku-buku. Namun pengetahuan cara sukses, suggestions sukses, dan cara berbisnis tidak lah cukup. Mereka yang telah mencapai puncak kesuksesan memiliki pola pikir pintar dan berbeda dari kebanyakan manusia, dan tentunya kita semua dapat menirunya.

Maka sebagai seorang pebisnis yang akan memulai usaha on-line, Anda harus memiliki karakteristik pengusaha layaknya Thomas Alva Edison. Di bisnis on-line, sikap pantang menyerah merupakan modal penting untuk sukses berbisnis online. Mental bisnis yang Anda miliki inilah yang akan mempengaruhi kemajuan bisnis yang sedang Anda rintis. Berbeda dengan orang kebanyakan, orang-orang dengan jiwa pengusaha sukses justru memandang tantangan sebagai peluang. Seorang pengusaha sukses menjadikan tantangan sebagai media untuk memacu dirinya agar menjadi lebih baik lagi, dan mengembangkan bisnis mereka.

Terakhir, untuk memulai segala hal yang ada, termasuk keempat mindset ini, seorang entrepreneur harus mampu memotivasi diri sendiri, dan menjaga api semangat tim dalam membangun bisnis. Sementara itu, Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, selama forty tahun Hipmi berhasil menciptakan nilai-nilai asas demokrasi karena memilih pengurusnya secara demokratis. Organisasi ini juga toleran terhadap perbedaan-perbedaan, termasuk berdebat persoalan ekonomi dan politik nasional.

Dikutip dari situs entrepreneur.com, berikut delapan cara yang dapat dilakukan untuk melatih pola pikir seseorang agar lebih sukses dalam menjalankan usahanya. Praktiknya, siswa dan mahasiswa diajarkan untuk menjadi wirausaha sejak dini. Setiap sekolah dan perguruan tinggi Muhammadiyah mewajibkan siswanya untuk berjualan di kantin. “Jadi bukan pedagang atau orang luar yang menjajakan makanan, melainkan siswa siswi Muhammadiyah yang belajar berbisnis dalam program market day dan enterprise day,” ujarnya. Anwar berharap umat Muslim dapat naik kelas tidak hanya menguasai UMKM, tetapi juga menguasai kegiatan usaha besar. Salah satu upaya untuk dapat mencetak wirausaha baru adalah menggeser mentalitas umat Muslim.