Bisnis Kopi, Sampingan Yang Menjanjikan

Sementara bujet yang perlu disiapkannya setiap bulan tidak kurang dari Rp10 juta untuk bahan baku, mulai dari kopi hingga makanan. Selain itu ada juga bujet untuk membayar lima karyawan Rp14 juta per bulan dan sewa tempat sebesar Rp5 juta per bulan. Dana sebesar itu digunakannya untuk membeli alat penyeduh kopi mulai dari yang guide hingga yang tercanggih. Selain itu, ia juga harus mengeluarkan uang untuk sewa tempat, furnitur, bahan baku dan bayar karyawan. Di luar itu, ia juga harus merogoh kocek untuk membeli bahan baku sebesar Rp5 juta untuk modal awal, dan bayar gaji karyawan Rp12 juta per bulan. Setelah serangkain riset itu dirasa sudah cukup, Putri baru memberanikan diri untuk membuka kedai kopi pertamanya pada November 2018.

Model bisnis ini tidak merepotkan dengan kemampuan memilih green bean kualitas bagus, tidak perlu repot membeli mesin roasting yang cukup mahal dan proses roastingnya juga tidak mudah. Pelaku hanya diminta untuk memilih kopi sangrai yang berkualitas dan mengasah keahlian membuat kopi bubuk yang dihasilkan, sehingga mendapatkan nilai tambah dari kopi sangrai yang dibeli. Menurut Sebastian, Lingko Coffee berasal dari biji kopi jenis arabika.

Sebelum mengajukan permohonan ke tempat lain, cobalah berbicara dengan keluarga dan kenalan Anda. Untuk permulaan, sebaiknya Anda membatasi jumlah porsi makanan pendamping yang akan dijual untuk menghindari kerugian karena kelebihan bahan baku. Anda juga mungkin membutuhkan aplikasi kasir yang mampu mengakomodir semua kebutuhan bisnis Anda.

Bisnis Kopi

Ada beberapa jenis warung atau kedai kopi yang cukup populer di Indonesia, yaitu kedai kopi estetik, specialty espresso, dan coffee to go. Kedai kopi estetik biasanya menawarkan desain interior yang keren dan Instagramable, sehingga disukai para anak-anak muda yang ingin nongkrong untuk menghabiskan waktu. Kalau specialty espresso biasanya menyediakan berbagai biji kopi dengan beragam teknik penyeduhan yang lengkap, sehingga tempat ini cocok bagi para coffee enthusiast. Atau yang terakhir ada coffee to go yang hanya menawarkan layanan decide up order, sehingga tidak membutuhkan kedai yang besar untuk menampung orang.

Kualitas dari kopi yang disajikan pun dapat memberikan dampak yang besar bagi kesuksesan kedai kopi tersebut. Indonesia, sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, memiliki banyak jenis kopi yang ditanam di berbagai daerah di seluruh penjuru tanah air. Manfaatkan media sosial dan iklan berbayar untuk menjangkau target pasar bisnis Anda dengan lebih mudah. Jangan ragu untuk menggaet influencer dalam membantu mempromosikan bisnis Anda jika modalnya tersedia. Jika Anda sudah menentukan siapa target pasarnya, maka tidak akan sulit untuk menentukan konsep usaha.

Jadi, cobalah cari provider kopi yang bisa memberikan kualitas baik dengan harga yang cocok. Coffeeland merupakan salah satu provider kopi yang menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Hanya dengan biaya awal paket usaha mulai dari 78 juta hingga a hundred twenty five,5 juta, Anda sudah bisa memulai bisnsi kopi sendiri.

Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda. Hal yang paling utama ketika kamu mau memulai bisnis apapun adalah mempunyai modal. Modal adalah salah satu hal penting yang harus dipikirkan sebelum memulai bisnis.

Jazil mengatakan, per bulan Jokopi harus mengeluarkan modal sebesar Rp200 juta-Rp300 juta untuk setiap kedainya. Angka itu sudah termasuk pembelian bahan baku, membayar gaji karyawan dan sewa tempat. Saat membuka kedai pertamanya, Jazil mengatakan, ia membutuhkan dana setidaknya Rp250 juta.