Bisnis Muda

Pagi itu, seorang karyawan di BUMDes Eka Giri Karya Utama Desa Wanagiri, tengah sibuk melakukan roasting kopi. Proses itu dilakukan menggunakan mesin yang diletakkan di ruang depan. Rifan juga menekankan pentingnya setiap dari kita memiliki delicate skill yang memadai. Selain hard talent, kemampuan soft skill ini tak bisa dilepaskan untuk menunjang sukses kita.

Bisnis Kopi

Hal tersebut lah yang menjadikan dasar dari CEO Koppi Tony Arifin untuk membuat bisnis kopi yang berbasis aplikasi. Dengan lokasi yang strategis, maka usaha atau bisnis ini akan menarik perhatian banyak orang. Sehingga mereka akan mencoba datang ke warung atau kedai kopi Anda. Lokasi strategis ini bisa berupa wilayah perkantoran, kampus, atau dekat dengan pemukiman yang banyak dilalui oleh kendaraan dan banyak orang.

Tentunya Anda harus melakukan riset untuk menemukan konsep coffee shop seperti apa yang disukai oleh target pasar tadi. Nilainya tersebut semakin meningkat karena angka penjualannya belum termasuk penjualan kopi oleh kedai kopi keliling dan tradisional. Maka dari itu, bisa dipastikan bisnis kopi susu gula aren ini tidak akan lesu pada tahun 2021 mendatang. MNC Asset Management berkolaborasi dengan salah satu brand coffe shop ternama, yaitu Kopi Nako melalui Instagram Live untuk membahas seputar investasi dan bisnis kopi kekinian dengan tema Ngopi . Dengan hal itu konsumen akan memberikan timbal balik yang akan sangat berdampak pada kemajuan bisnis. Seperti pelayanan dari waitress yang ramah, tempat yang bersih, ruang ibadah, dan bathroom yang memadahi ketika kamu memilih untuk berbisnis di sektor coffe store atau kedai kopi.

Hal tersebut pastinya akan sangat menguntungkan, terlebih anggaran biaya sewa tempat pun bisa kamu gunakan untuk biaya lainnya, seperti dekorasi maupun pembelian mesin kopi. Meski demikian, untuk membuka franchise kopi harus membutuhkan biaya yang tidak sedikit, bahkan bisa merogoh kocek antara ratusan juta hingga milyaran rupiah. Pastikan jika menu yang akan kamu jual dalam kategori tidak sedikit namun juga tidak banyak, sehingga mereka pun dapat mencoba berbagai jenis racikan kopi dengan mudah.

Jika dilihat lebih lanjut, bisnis kopi yang kian berkembang ini sebenarnya tidak hanya menyajikan minuman kopi sebagai produk, tetapi juga suasana kebersamaan. Gede Adi Prasetyo selaku penikmat kopi, menjelaskan bagaimana suasana kantor yang terjalin baik antara karyawan dan atasan karena kopi. Acara bertajuk “Lebih Dekat dengan Alumni #14” yang dipandu Tyo kali ini mengusung tema bisnis kopi. Hal ini tidak mengherankan lantaran bisnis kopi makin menjamur dan digemari oleh generasi milenial. Banyaknya espresso store dan brand kopi baru menunjukkan sasaran kopi yang tidak lagi berlaku seksi hanya bagi laki-laki. Arah Kopi yang mengusung konsep Neighborhood sejak tahun 2018, ARAH Kopi terbentuk guna ikut mengembangkan bisnis khususnya kopi di Indonesia dengan tujuan menghadirkan produk-produk yang berkualitas.