Ini Cara Ahli Bisnis Kopi Hasilkan Cuan Maksimal

Namun, hal itu tergantung dari kebutuhan apa saja ketika kamu mau membuka kedai kopi. Di Indonesia sepertinya masih jarang gerobak kopi atau istilah kerennya espresso truck yang menjajakan kopi dengan berkeliling dan nongkrong di pinggir jalan. Pertama tentukan dahulu menu kopi apa saja yang ingin kamu jual, apakah hanya cold brew atau minuman kopi panas lainnya. Jika sudah kamu tentukan saatnya membuat gerobak yang bisa dikemudikan dengan motor ataupun sepeda.

Para pelaku bisnis kedai kopi di Indonesia membagi perjalanan industri ini ke dalam empat gelombang besar. Keempat gelombang tersebut berdasarkan momentum masuknya merek-merek kedai kopi fenomenal ke dalam industri ini di Indonesia. Nicky Kusuma, Vice President Sales and Marketing Toffin Indonesia, menuturkan, riset ini diperlukan karena selama ini belum ada survey atau penelitian tentang industri kedai kopi di Indonesia.

Namun, perlu diingat bahwa pilihan menu tersebut harus disesuaikan dengan goal pasar dan konsep kedai kopimu. Sebelum memulai usaha, kamu perlu melakukan survei terlebih dahulu tentang menu kopi yang beredar di pasar. Setelah itu, tentukan beberapa menu andalan yang menjadi ciri khas kedai kopimu. Sementara itu, konsumsi kopi domestik Indonesia juga terus meningkat.

Ini akan menjadi inovasi bisnis kopi yang membuat kedai kamu jauh lebih unggul dari kompetitor. Adaptasi para pelaku bisnis terhadap perubahan perilaku belanja masyarakat memang patut diacungi jempol. Masih dari riset yang sama, jumlah kedai kopi sampai bulan Agustus 2019 di Indonesia tercatat mencapai 2.950 gerai lebih. Jumlahnya semakin meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan tahun 2016 yang hanya mencapai 1.000 gerai kopi saja. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pamerkan Opal Coffee sebagai produk kopi Indonesia yang berkualitas internasional. Rotaryana terus berusaha untuk dapat mengikuti perubahan tren yang sangat cepat di industri cafe dan retail kopi.

Bisnis Kopi

Perusahaan tidak menyediakan segala bentuk saran atau rekomendasi pendanaan terkait pilihan-pilihan dalam situs ini. Penerima Pinjaman harus mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman. Untuk memulai usaha, hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah modal. Anda dapat mempertimbangkan mengajukan pinjaman ke platform fintech lending seperti Investree untuk menambah modal usaha. Hal pertama yang harus Anda siapkan, tentu saja adalah modal usaha. Anda bisa mendapatkan modal dari uang tabungan, atau juga bisa mengajukan pinjaman.