Jangan Lupa Riset Agar Bisnis Tidak Terpeleset

Usaha yang menjanjikan berikut ini, sangat cocok kalau kamu memiliki keahlian di bidang tertentu. Adapun, jika kamu memilih untuk memulai berbisnis, pilihan tersebut sangat bijaksana, lho. Membangun suatu bisnis bukanlah suatu hal yang mudah, terlebih jika kamu benar-benar melakukannya dari nol.

Tentunya modal yang dibutuhkan akan sesuai dengan kebutuhan kita untuk mengestok produk yang akan dijual. Riset akademik, yaitu riset pemasaran yang dilakukan kalangan akademisi. Keyakinan, pandangan dan persepsi kalangan akademik berbeda dari kalangan praktisi. Riset akademik dalam pemasaran bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pemasaran, baik teori maupun praktek. Riset demikian diharapkan menemukan prinsip-prinsip yang dapat dipublikasikan atau dipakai dalam perkualiahan. Kalau bisnis dianggap sebagai kumpulan dari berbagai fungsi atau departemen, seperti pemasaran, keungan, produksi, sumberdaya manusia, dan lain-lain, maka riset pemasaran adalah bagian dari riset bisnis.

Meriset kesempatan bisnis

Tak lupa, tampilkan juga fitur feedback agar para pembeli pertama dapat memberikan masukan. Coba Anda masukkan kata kunci dari area of interest market potensial yang telah ditentukan. Jika tidak ada produk yang muncul, artinya ide Anda tidak akan laku di pasaran. Pertama, Anda bisa melakukan penelusuran di website-website market terkenal.

Tidak adanya akses ke produk secara langsung, dropshipper hanya akan mengetahui apabila pesanan sudah dikirimkan dan diterima oleh konsumen. Apabila pesanan yang diterima konsumen tidak sesuai dengan pesanan yang diterima oleh dropshipper¸ maka complain dari konsumen terhadap pelayanan akan muncul. Dampak lebih jauhnya, konsumen akan merasa enggan untuk belanja ulang di dropshipper tersebut. Atau kalau kamu memiliki keahlian menghias kue, boleh juga membuka bisnis kue ulang tahun atau kue yang biasa hadir di acara-acara perayaan. Biasanya, customer lebih menyukai yang bentuknya lucu-lucu dan unik dan rasanya enak untuk menunjang penampilan hari penting mereka. Ini jelas kesempatan emas untuk kamu membuat inovasi frozen meals yang bisa menjangkau pasar para ibu rumah tangga atau anak kos.

Pun jika dibandingkan dengan zaman dulu, mendirikan bisnis pada ‘masa pra-internet’ sudah jelas merupakan hal yang rumit. Anda perlu modal besar untuk menyetok produk dan menyewa gedung toko serta karyawan. Mulai dari anak kuliah di perantauan, hingga orang- orang perkantoran dengan rutinitas super sibuk. Kesibukan dan ketidakmauan untuk repot ini lah yang menjadi peluang besar dalam bisnis laundry. Sama seperti bisnis barbershop, bisnis laundry tumbuh subur di perkotaan. Yang menarik, bisnis ini sendiri seakan menjadi kebutuhan penting untuk masyarakat modern di berbagai jenjang masyarakat.

Presiden Jokowi mengatakan Indonesia sedang mengembangkan industri hijau terbesar di dunia yang terletak di Kalimantan Utara sesuai visi RI. Wulan yang juga menjadi pembicara dalam talkshow ini mengatakan, produk dibuat di pabrik. Itu, kata dia, seperti perkataan desainer sekaligus bapak brandingdunia, Walter Landor. Menurut Direktur Edukasi, Riset dan Pengembangan Asosiasi Desain Grafis Indonesia Wulan Pusponegoro, pelaku usaha juga harus dapat melakukan brandingyang baik terhadap produknya. Apa yang menjadi keunggulan produk dari berbagai tahapan di atas, semua itulah yang bisa menjadi branding.