Pengelolaan Aset Daerah

Jika Anda sedang ingin membangun suatu perusahaan baru atau sedang dalam tahap usaha yang ingin berkembang, menyewa beberapa aset akan menjadi pilihan yang menguntungkan karena Anda pasti memerlukan sejumlah dana yang besar. Misalnya, pada awal usaha Anda, anda memerlukan ruko namun modal Anda pas-pasan untuk membeli ruko sebagai tempat usaha Anda. Secara ekonomi, dalam investasi, pemodal akan membeli sesuatu yang tidak akan dipergunakan sekarang. Sesuatu yang dibeli tersebut disimpan sebagai harta yang setelah melewati masa tertentu dapat mengalami perubahan nilai. Maka dari itu, penting sekali memahami jenis-jenis investasi dan risikonya. Industri pengolahan meliputi berbagai kegiatan produksi yang mengubah bentuk bahan baku/mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang siap digunakan atau dikonsumsi.

Misal di bulan puasa saat banyak orang mencari camilan berbuka, Anda bisa membuat promo khusus jika beli gorengan Anda. Keuntungan yang bisa didapatkan dari membuka usaha gorengan cukup menjanjikan. Omsetnya pun bisa naik drastis di saat-saat tertentu seperti saat bulan puasa. Dengan bermodalkan biaya yang sedikit jika Anda mampu bervariasi maka tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Bahkan tidak menutup kemungkinan dagangan Anda semakin berkembang dan Anda bisa membuka berbagai gerai di berbagai tempat yang lain.

Nah, kita akan membahas tentang kenapa nilai perusahaan turun dan bagaimana cara meningkatkan nilai perusahaan. Aset tak berwujud yang sejenis ini seharusnya dalam industri yang sama atau dalam sebuah industri yang dipengaruhi oleh faktor ekonomi yang sama. Perbandingan harus dilakukan dengan cara yang memadai dan tidak boleh menyesatkan. Sebagai contoh adalah penilaian properti yang memiliki potensi perdagangan/ bisnis atau dikenal sebagai Properti dengan Bisnis Khusus .

Beberapa bisnis yang bisa dijadikan sebuah aset

Tujuan utama dari kegiatan promosi adalah agar produknya dikenal oleh masyarakat. Jadi bila perusahaan kurang promosi, maka akibatnya perusahaan bisa kehilangan pasar yang bagus. Masalahnya, dalam menghitung modal dasar pelaku usaha biasanya hanya memasukkan aset tampak .

Maqashid syariah tidak saja diperlukan untuk merumuskan kebijakan-kebijakan ekonomi makro (moneter, fiscal ; public finance), tetapi juga untuk menciptakan produk-produk perbankan dan keuangan syariah serta teori-teori ekonomi mikro lainnya. Maqashid syariah juga sangat diperlukan dalam membuat regulasi perbankan dan lembaga keuangan syariah. Metode penetapan hukum Islam melalui pendekatan maqasid al-syari’ah dalam penetapan hukumnya dengan menggunakan qiyas, istislah , istishab, syad al-dzari’ah dan ’urf oleh kalangan ushuliyyun disebut juga dengan maqasid al-tsanawiyah. Penjelasan yang sistematis dan secara khusus serta jelas dilakukan oleh al-Syatibi dari kalangan Malikiyyah dalam kitabnya al-Muwafaqat fi Usul al-Syari’ah. Dalam kitabnya yang terkenal tersebut, ia menghabiskan sepertiga dari bukunya untuk membahas maqasid al-syari’ah. Menurutnya, maslahat keduniaan tidak dapat dilepaskan dari tiga tingkatan urutan skala prioritas, yaitu dharuriyyat hajiyyat dan takmilat atau tatimmat.

Sehingga, perusahaan dalam kondisi keuangan sehat pun dapat dinyatakan pailit jika tidak membayarkan kewajibannya dan terus menumpuk utang. PT Quantum Magna adalah penyedia layanan pelatihan keuangan untuk perusahaan, bisnis, UMKM, maupun individu dan keluarga dengan semangat pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan literasi keuangan. Kebanyakan kesalahan yang dilakukan oleh pebisnis pemula adalah enggak punya laporan keuangan yang detail dan rapi. Entah itu tidak pernah mencatat pengeluaran dan pemasukan, atau mencampurnya dengan keuangan pribadi. Return investasi saham biasanya berasal dari dividen dan pertumbuhan nilai saham itu sendiri. Namun perlu dicatat, tidak semua perusahaan membagikan dividen kepada investornya.