Simak Nih! Tips Investasi Kripto Untuk Pemula

Fluktuasi yang kerap terjadi dalam cryptocurrency melahirkan gagasan untuk melahirkan mata uang digital yang sama stabilnya dengan uang fiat. Dari sana, lahirlah stablecoin yang masih menjadi bagian ekosistem mata uang kripto. Per Juli 2018, Otoritas Jasa Keuangan menemukan sedikitnya thirteen produk investasi di mata uang digital yang tidak memiliki izin. Beberapa produk di antaranya juga menawarkan imbal hasil yang tinggi. Selain untuk memfasilitasi trading crypto currency, bursa aset kripto penting untuk menjamin perlindungan bagi investor, memberikan kepastian hukum dan jaminan transaksi yang lebih jelas.

Memang, sejak awal dimunculkan Bitcoin menyasar pasar global, termasuk melalui peer-to-peer, dipakai untuk digital money dan lainnya. Adapun, peretasan adalah risiko yang serius, karena akan sulit mendapatkan jika kripto kamu hilang atau dicuri. Cryptocurrency sendiri berbasis teknologi, maka dari itu investasi ini sangat rawan dan terbuka untuk serangan cyber. Mengetahui risiko ini, akan membuat kamu lebih hati-hati dalam melakukannya agar tidak salah langkah. Jadi, uang sendiri adalah representasi nilai yang kita tukarkan satu sama lain untuk barang/jasa. Nah adanya metode tersebut, akan membuat aktivitas atau transaksi yang dilakukan menjadi rahasia dan sulit diakses orang luar.

Di Indonesia sendiri, lanjutnya, jumlah investor kripto telah meningkat hingga dua kali lipat menjadi 4.2 juta investor dalam satu tahun terakhir. Di kalangan investor kripto sendiri, trading atau jual beli masih menjadi pilihan yang terpopuler untuk berinvestasi di kripto. Mereka membeli mata uang tertentu yang dianggap memiliki tren kenaikan yang menjanjikan keuntungan. Meski demikian, bukan berarti jika setiap investor membeli cryptocurrency, Anda juga melakukan hal yang sama.

Ivestasi Crypto

Selain nilai aset yang terus meroket, kemudahan membeli aset Cryptocurrency juga menjadi salah satu faktor yang membuat semakin banyak orang tertarik untuk investasi kripto. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming keuntungan besar dan tertarik karena selebritas atau publik figur dunia, namun harus melihat risiko dan faktanya. “Di 2021 gelombang investor masuk dari information Bappepti ada four,2 juta dealer dan lebih jenis 20 ribu aset crypto. Di dominasi milenial, Bappeti sendiri menyebutkan perdagangan aset crypto sebagai alternatif perdagangan investasi,” jelasnya.

Transaksi blockchain memerlukan waktu untuk settlement, waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit untuk Bitcoin, dan 5-10 menit untuk aset lainnya. Aset kripto yang dimiliki bisa ditransfer ke trade lain atau bisa ke sesama anggota di satu exchange. Tinggal mengisi alamat pockets yang dituju untuk kirim keluar change atau menuliskan user ID untuk kirim ke dalam satu change. Berbeda dengan order taker, yang mengikuti harga di pasar saat itu.