Suggestions Inovasi Bisnis Kopi Agar Bisa Bertahan Pada Masa Pandemi

Artinya, model lokal lain juga berpotensi dilirik oleh investor besar apabila memang memiliki bisnis yang menarik. Dengan kemajuan teknologi saat ini, peran media sosial untuk mengembangkan bisnis sangat diperlukan. Dari situ, kamu bisa upload foto semenarik mungkin dan caption yang mengajak pelanggan untuk mencicipi kopi kekinian kamu. Selalu memberikan pelayanan segar dan menyenangkan akan sangat membantu anda dalam mengolah bisnis menjadi sangat dinamis.

Kamu bisa memanfaatkan media online atau pun offline sebagai strategi penjualan. Pastikan untuk penggunaan media online buatlah konsep penjualan yang kreatif. Seperti melalui foto, video, dan kontes berhadiah atau promo diskon tertentu. Cari dan temukan tempat yang strategis, nyaman, aman, dan mudah dijangkau untuk bisnis kopi kamu. Analisislah lingkungan tempat yang akan menjadi lokasi bisnis kamu.

Untuk gerobak, Putri hanya perlu mengeluarkan uang Rp1 juta karena sang pemilik sebelumnya menjual dengan harga murah. Namun, katanya, rata-rata gerobak baru harganya masih di atas Rp7 juta. Menurut dia, konsep itu paling realistis dengan modal yang dimilikinya. Ia hanya perlu menyiapkan gerobak, barista, bahan baku, dan alat handbook penyeduh kopi, mulai dari rock presso, grinder, V60, americano dan vietnam drip. Riset tersebut juga mengatakan bahwa enam dari 10 orang lebih memilih kopi kekinian yang bersifat on-the-go dibandingkan dengan kedai kopi konvensional. Selain harga terjangkau yang ditawarkan, kopi Jago juga hadir dengan sejumlah inovasi berupa cell espresso chain pertama di Indonesia untuk memberikan pengalaman baru bagi para pecinta kopi.

Bisnis Kopi

Jika meminum kopi merupakan hobi yang kamu lakukan setiap hari, maka membuka warung kopi adalah jalan yang tepat dalam menyalurkan hobi tersebut. Untuk hal ini, kamu bisa melakukan uji coba jenis biji kopi sampai menemukan kopi yang sesuai. Jika riset kopi tersebut telah berhasil, maka kamu pun harus menentukan supplier kopi yang sesuai dengan keinginanmu. Oleh sebab itu, pemilihan halaman rumah mungkin menjadi titik kompromi untuk membuat usaha kedai kopi. Untuk menghasilkan konsep yang best, kamu pun bisa melakukan riset kecil-kecilan mengenai kedai kopi sesuai dengan target yang kamu inginkan.

Begitu pula dengan konsep untuk karyawan pun juga sebaiknya anda hadirkan. Dengan konsep karyawan yang tepat, misalnya saja seragam dan bentuk pelayanan pada pelanggan, maka akan memberikan nilai tersendiri dari para pelanggan atau konsumen pada bisnis kopi anda. Tidak kalah pentingnya untuk anda memulai bisnis kopi dengan mengonsep menu ragam kopi yang anda sajikan. Dengan macam-macam varian kopi, maka akan memiliki makna tersendiri mengenai bisnis kopi anda. Misalnya saja dengan menggunakan menu kopi bertabur aroma macam-macam buah, hal ini akan memberikan sensasi berbeda jika anda memberikan menu kopi dengan rasa mint. Begitu pula pada saat anda memilih rasa-rasa biasa kopi seperti tiramisu, moka, atau caramel.